Definisi
dari Pemasaran
Pemasaran adalah
aliran produk secara fisis dan ekonomik dari produsen melalui pedagang
perantara ke konsumen. Definisi lain menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu
proses sosial dan manajerial yang membuat individu/kelompok mendapatkan apa
yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan
mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain.
Pemasaran
melibatkan banyak kegiatan yang berbeda yang menambah nilai produk pada saat
produk bergerak melalui sistem tersebut. Kotler (1997) mengatakan bahwa
pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan
kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai di dalam pasar. Proses
pemasaran merupakan kelanjutan dari proses produksi yang bertujuan agar apa
yang telah diinvestasikan dalam kegiatan produksi dapat diperoleh kembali
dengan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan sebagai imbalan investasi
yang telah dilakukan.
Dalam kegiatan
pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral, Soekartawi (1993)
mendefenisikan pemasaran sebagai aliran barang dari produsen ke konsumen. Dalam
pengaliran barang tersebut tentunya bertujuan untuk memuaskan konsumen,
sebagaimana yang dikemukakan oleh Sukotjo (1991) yang mendefenisikan pemasaran
sebagai suatu sistem keseluruhan dari suatu kegiatan usaha yang ditujukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau
jasa yang dapat memuaskan pembeli/konsumen.
Manusia harus
menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengancara
mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bisa juga diartikan suatu
usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swastha, 1996).
Konsep
Utama Pemasaran
Pemasaran
memiliki konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants),
dan permintaan (demands). Pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
sebagai faktor kunci dalam pemasaran sangatlah tepat karena saat ini pemasaran
sebuah produk akan diperhadapkan pada tingkat persaingan yang sangat ketat.
Olehnya itu Gitisudarmo (2000) mengemukakan bahwa konsep pemasaran terbaru saat
ini adalah konsep yang berorientasi pada
persaingan, dimana pengusaha berpikir untuk memperoleh persaingan yang lebih
unggul dibandingkan dengan pesaingnya dalam melayani konsumen.
Konsep ini tidak
hanya menekankan untuk melayani konsumen sebaik-baiknya, namun harus pula
berusaha untuk tampil meyakinkan dan memuaskan di mata konsumen dibandingkan
dengan pesaing. Berangkat dari apa yang telah diuraikan, dapat dikatakan bahwa
pada dasarnya proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh
konsumen. Atau dengan kata lain mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen
yang berkenaan dengan produk, kinerja serta kualitas adalah tahap pertama yang
sangat penting dari kegiatan pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar