Minggu, Februari 04, 2018

Langkah–Langkah menentukan strategi pemasaran yang baik

Strategi pemasaran

Strategi pemasaran merupakan suatu langkah awal suatu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Tidak hanya mengandalkan faktor luck saja, perlu ada persiapan dan strategi yang matang untuk menjalankan usaha. Setiap langkah, strategi dan keputusan yang telah dibuat tidak perlu disesalkan jika hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

bar chart 1

Dengan menyusun strategi pemasaran, reputasi produk yang akan dijual atau ditawarkan akan semakin kuat dan mudah untuk diterima. Sebagai pemula, dalam menyusun strategi pemasaran, dapat kita mulai dari:

1. Menentukan tujuan bisnis

Tujuan bisnis bisa saja seperti meningkatkan popularitas produk, menjual produk dari supplier tertentu atau merangkul segmen pembeli yang baru. Tujuan ini seperti visi misi yang akan dicapai atau arah tujuan melangkah dari suatau usaha.

2. Melakukan analisa pasar

Dengan melakukan riset pasar, kita akan mendapatkan data penting seputar perkembangan / perubahan pasar. dari data ukuran, pertumbuhan, tren, demografi, jenis konsumen dll. Dari data yang terkumpul tersebut, akan didapat informasi yang akan membantu dalam menentukan keputusan.

3. Menentukan target pasar

Dengan melukan riset pasar, nantinya akan mengarahkan kita pada pelanggan yang paling berpotensi untuk jenis usaha yang kita buat. Kemudian, dari profil pelanggan potensial tersebut kita akan menemukan pola pembelian seperti bagaimana mereka membeli, dimana, dan apa saja yang mereka beli.

4. Mengetahui kompetitor usaha

Kita perlu mengetahui siapa kompetitor bisnis kita. Mengetahui operasional mereka, dari mana mendapat pasokan, dengan siapa mereka bekerja sama, strategi yang diterapkan dll. Informasi tersebut dapat menentukan keunggulan yang kita miliki dan memberikan perbedaan usaha kita dengan si kompetitor. Apakah strategi yang dijalankan sudah tepat sehinggausaha lebih unggul dari dari para kompetitor!.

5. pengembangan usaha atau inovasi usaha

award ribbon

Setlah mengenal kompetitor, perlu kita lakukan pengembangan usaha atau produk
guna untuk tetap eksis dan mengungguli kompetitor.

Semoga 5 tips diatas dapat membantu dalam menentukan langkah dan strategi pemasaran dala suatu usaha. Share dan tinggalkan jejak kamu dikolom komentar dibawah ini. Saya terbuka dengan kritik (Sampaikan dengan bahasa yang baik) dan saran guna perbaikan dalam penulisan – penulisan berikutnya.

Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar