Sabtu, September 15, 2018

Pengertian, Manfaat dan Contoh Marketing Mix

Pengertian


marketing mix 4p

Konsep marketing mix merupakan salah satu konsep dalam pemasaran modern pada saat sekarang ini. Dimana konsep tersebut adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengejar maksimum profit.

Dalam hal ini Swastha (1985 : 94) memberikan pengertian marketing mix adalah empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.

Marketing Mix menurut Stanton, (1991:78): “Kombinasi dari empat variable yaitu kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan yakni produk, struktur harga, kegiatan promosi dan system distribusi”.

Menurut Marius P. Angipora (1999) marketing mix adalah perangkat variabel-variabel pemasaran terkontrol yang digabungkan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasaran.

Menurut Fandy Tjiptono (2004), bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan pemasar untuk membentuk karakteristik barang/jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product, Price, Promotion dan Place)

Pembagian bauran pemasaran menjadi 4 bagian tersebut sering disebut juga dengan Marketing Mix 4 P, berikut ini adalah uraiannya:

Marketing Mix 4P

  1. Product (produk)
    Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar guna mendapatkan perhatian untuk dimiliki, digunakan, dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan. Suatu produk dapat berupa suatu benda, jasa dan keinginan lain-lain untuk melukiskan sesuatu yang dapat memenuhi keinginan. Untuk itu setiap pengusaha harus mengetahui perkembangan kebutuhan konsumen melalui penelitian pasar agar dapat mengetahui dan dapat menyesuaikan diri dalam menciptakan produk.

  1. Price (harga)
    Harga merupakan alat untuk mengukur nilai suatu barang, harga bagi produsen merupakan penentu bagi permintaan pasar dan mempengaruhi posisi pesaing perusahaan dalam merebut konsumen. Harga merupakan indikator dari pada barang, dalam menetapkan harga perlu hati-hati dalam memperhatikan potensi pasar. Oleh sebab itu, menentukan harga perlu diperhatikan agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau oleh konsumen disamping itu dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

  1. Place (distribusi/tempat)
    Produk yang telah dihasilkan oleh suatu perusahaan akan lebih berguna bagi konsumen/pembeli apabila produk tersebut tersedia pada tempat dan saat dimana saja dibutuhkan. Dalam pencapain tujuan utama dari pemasaran yakni menyalurkan barang-barang atau jasa.Secara efisien dari produsen ke konsumen, maka diperlukan adanya kegiatan penyaluran (distribusi) sebagai mata rantai yang harus dilalui oleh barang-barang dari produsen ke konsumen pada waktu dan jumlah yang tepat. Barang yang dihasilkan oleh para produsen biasanya tidak secara langsung mereka menjualnya kepada konsumen, tetapi biasanya mereka melalui suatu perantara agar produk yang dihasilkan dapat dengan mudah sampai ke tangan konsumen.

  1. Promosi (Promotion).
    Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen. Menurut Kotler dan Gary A. dalam Alexander Sindoro (2000). Bauran promosi adalah ramuan khusus dari iklan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya. Menurut Basu Swastha dalam Marius P. Angipora (1999), promotional mix adalah "Kombinasi Strategi yang paling baik dari variabel-variabel Periklanan, Personal Selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan". Promotion Mix terdiri dari: 

Pengiklanan. Pengiklanan adalah semua bentuk presentasi non personal dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran. 

Promosi Penjualan. Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk atau jasa. 

Penjualan Perorangan. Penjualan perorangan merupakan interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.

Hubungan Masyarakat. Hubungan masyarakat adalah berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya. Bauran Promosi merupakan program komunikasi pemasaran total sebuah perusahaan yang terdiri dari iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya.

marketing mix-illustration


Manfaat Marketing Mix

Di dalam Marketing Mix tidak hanya membahas pemasaran atau penjualan saja, akan tetapi juga menyangkut seluruh proses dari pembuatan promosi sampai dengan penjualan. Disini dijelaskan bagaimana cara mendesain produk agar bisa menarik pelanggan, bagaimana cara menentukan harga, letak atau posisi dimana produk akan dipasarkan dan promosi apa yang dipilih agar konsumen menjadi tertarik. Sehingga para pengusaha tersebut akan mendapatkan berbagai manfaat dari mempelajari marketing mix, manfaat marketing mix adalah:

  1. Dapat menentukan akan membuat produk apa
  2. Dapat menentukan harga yang sesuai
  3. Bisa menganalisis dimana akan menempatkan atau menjual produk
  4. Memilih segmen mana yang cocok dengan produknya
  5. Iklan apa yang sesuai
  6. Memilih media iklan yang sesuai
  7. Meningkatkan kreatifitas dalam berinovasi
  8. Menghadapi persaingan
Dari berbagai manfaat itu bisa disimpulkan bahwa peran dari Marketing Mix di dalam dunia usaha sangatlah vital, sehingga sebagai seorang pengusaha harus benar-benar bisa menerapkanya di dalam menghadapi dunia kewirausahaan yang semakin berkembang.

Marketing Mix Analysis

Contoh penerapan marketing mix pada usaha restoran Takeshi Bento Padang.

Takeshi Bento Padang
Gbr: takeshibento.blogspot.com

Marketing Mix merupakan suatu hal yang penting dalam kegiatan bisnis. Penelitian ini bernrjuan untuk melihat bagaimana penerapan bauran pemasaran (marketing mix) pada Restoran Takeshi Bento Padang. Takeshi Bento merupakan suatu restoran yang termasuk pada industri jasa marketing mix, yang dilihat pada Restoran Takeshi Bento adalah produk (product), distribusi (place), harga (price), promosi (promotion), orarg (people), bukti fisik (pysical evidence) dan proses (process). Produk makanan yang dijual Restoran Takeshi Bento adalah befyakiniht, chicken teriyaki, chicken latsu, lamb, ribs, ebi katsu, chicken wings, chickcn strip, fried chicken steak seafood burger steak, fried beef steak chicken burger steah chicken steah beif burger steah dn beef steak original. Penerapan harga jual Takeshi Bento padang ini menerapkan Percentage of Cost nya 80%. Takeshi Bento berlokasi di jalan Rawang No. 16 belakang Rocky Plaza Padang dan cabang di Jalan Diponegoro No. 15 A Padang.

Kegiatan promosi yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan brosur, spanduk, media massa (radio dan internet), promosi langsung melalui keikutsertaan dalam kegiatan sekolah dan bazar. Takeshi Bento Padang menggunakan karyawan yang mempunyai kapasitas dibidang kuliner, minimal lulusan SMU, melalui proses penyeleksi seperti interview, proses magang dan kontrak kerja Bukti fisik. Takeshi Bento Padang ini memiliki tempat usaha yang bergaya Jepang, merniliki wama yang cerah, logo, lampu lampion bergaya jepang tulisan kanji, gantungan lampu hias warna-warni, gambar-gambar unik Jepang peralatan dapur, piring dan mangkok hidangan yang disesuaikan kursi dan meja bukti-bukti laporan kegiatan usaha, brosur, dan spanduk.

Takeshi Bento Padang mulai buka pada pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Karyawan Takeshi Bento harus datang pada jam 08.00 WIB untuk memulai melaksanakan kegiatan rutin setiap harinya.

Terimakasih.

Reference: Pransiska, Pebiola (2008) PENERAPAN MARKETING MIX DALAM USAHA RESTORAN CEPAT SAJI TAKESHI BENTO PADANG. Politeknik Universitas Andalas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar