Minggu, Februari 07, 2021

Terbukti, Hanya dengan Kemasan dan Logo Bisa Menambahkan Tingkat Penjualan dan Membawa Kesuksesan Usaha

Banyak orang tidak menyadari termasuk para pelaku pengusaha, bahwa hanya dengan bentuk kemasan dan logo produk, akan memberikan dampak atau pengaruh terhadap produk tersebut. Kemasan atau wadah dan logo usaha memang merupakan dua hal yang berbeda, secara gamblangnya kemasan adalah pembungkus produk dan logo adalah simbol atau brand merek dari siprodusen, tetapi karena manfaat dan fungsinya yang saling berkaitan, maka kemasan dan logo tidak bisa dipisahkan begitu saja ketika sedang berada didalam ruang lingkup bisnis dan pemasaran.

 


Logo akan tertempel atau tergambar secara jelas pada kemasan produk yang anda hasilkan. Jika jenis usaha yang anda lakukan adalah dalam bentuk produk yang dimakan atau produk yang dibungkus dan daitruh dirak berjejeran dengan produk saingan yang serupa, maka bentuk kemasan akan menjadi hal yang penting untuk anda perhatikan. Pasalnya, kemasan atau wadah merupakan kesan pertama yang dilihat oleh sicalon pembeli atau konsumen anda. Dengan pandangan pertama tersebut, pembeli secara tidak langsung akan memeberikan penilaian yang kemudian berpengaruh pada keputusan akhir untuk membeli produk atau tidak.

 

Ada istilah “Kemasan tidak penting, yang penting isi atau kualitasnya”. Bagi pembeli setia atau pelanggan yang sudah tau dan merasakan produk anda mungkin kesimpulan ini bisa dibenarkan, tetapi kesimpulan ini tidaklah berlaku bagi konsumen baru yang bukan pelanggan anda, atau bukan pembeli yang biasa membeli produk anda dan sudah paham betul akan kualitas produk anda. Pembeli baru ini, yang tidak paham akan isi dan kualitas siproduk akan menilai dari bentuk kemasanan terlebih dahulu sebelum isinya. Dan karena kesimpulan yang dia dapatkan baru hanya dari kemasannya sebagai first impression, maka hal ini akan memberikan poin besar untuk kesimpulan akhir yang akan diputuskan pembeli, Apakah sipembeli akan membeli produk anda atau membeli produk lain? Atau bahkan tidak memebeli sama sekali.

 

Jika seperti ini, maka kesimpulannya akan berubah menjadi “Kemasan adalah yang utama, rasa dan kualitas yang kedua” sekarang yang menjadi pertanyaan adalah:

  • Apakah pembeli produk anda tersebut adalah orang yang sama terus dan bukan pembeli baru?
  • Apa anda ingin menjaring pasar baru, pembeli atau konsumen baru?
  • Apa anda ingin meningkatkan penjualan produk anda?

Jika anda sebagai pelaku usaha sudah memahami uraian diatas, mulailah untuk memperhatikan kemasan produk yang anda jual. Apapun jenis usaha anda, kemasan produk merupakan hal yang penting. Jika sebelumnya produk anda tidak dikemas atau dibungkus, sekarang mulai dikemas. yang dulu kemasannya pakai, daun bagaimana kalau sekarang pakai plastik atau kertas karton, atau sebaliknya kembali go green, pakai daun.yang dulu kemasannya tertutup rapat, bagaimana kalau sekarang semi terbuka atau terlihat (tutup plastik). Yang dulu kemasannya pakai kantong plastik polos biasa bagaimana kalau sekarang menggunakan plastik bergambar logo usaha anda sendiri. Berbicara soal logo, apa hubungannya dengan kemasan? Apa pentingnya logo terhadap penjualan?

 


Seperti di bahas pada uraian diatas, logo akan tertempel pada kemasan produk. Setelah melihat kemasannya, calon pembeli akan melihat logo dan nama produk yang tertempel pada kemasannya. Ketika konsumen sudah membeli produk anda merasakan kualitas produk anda dan merasa puas akan produk yang dihasilkan, besar kemungkinan pembeli baru ini akan kembali membeli produk anda (menjadi pelanggan aktif). Dari situ, logo dan nama usaha anda akan menjadi hal yang diingat oleh sipembeli tersebut. Poin keuntungan bagi anda sebagai pengusaha atau si produsen adalah:

  • Anda akan mendapatkan pelanggan baru yang sekarang menjadi pelanggan aktif
  • Anda berpeluang mendapat pelanggan baru lainnya, hasil dari ulasan pelanggan sebelumnya atau referensi pembeli yang sudah mengetahui kualitas produk anda.
  • Anda berpeluang membuka segmen pasar baru
  • Anda berpeluang mendapatkan keuntungan lebih banyak dari sebelumnya, karena naikknya tingkat penjualan.

 

Maka dari itu, penting bagi anda sebagai pengusaha atau calon pengusaha untuk memiliki logo usaha. Apapun jenis usaha anda, produk ataupun jasa, logo merupakan hal yang penting. Logo tidak lah harus gambar yang mewah dan ribet. Beberapa hal terpenting tentang logo usaha adalah simpel, mudah diingat, dan memberi makna.

 

Kembali kepembahasan awal. Kemasan dan logo merupakan dua hal yang saling berkaitan. Logo yang terpampang dalam kemasan harus jelas, perhatikan media kemasan dan warna cetakan logo harus telihat jelas atau tidak samar. Tampilkan warna yang bisa mempengaruhi psikologi pembeli untuk membeli produk anda. Untuk beberapa kasus, sebaiknya jangan memberikan banyak warna dalam kemasan.

 

Apapun produk atau usaha anda entah itu warung makanan, kue, gorengan, minuman, barang-barang, bengkel, busana, transportasi, jasa, dan lain-lain, penting untuk memberikan kemasan dan logo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar